Oleh: kdsuastika | 9 Februari 2009

Desain Menarik Pintu dan Jendela

SEBUAH rumah tentu tidak lengkap tanpa adanya jendela dan pintu. Dua elemen bangunan tersebut tak bisa dibuat sembarangan agar fungsi utama dan estetisnya terpenuhi.

Jendela dan pintu memiliki fungsi masing-masing. Jika sebuah jendela digunakan untuk mengalirkan udara dan agar bisa melihat pemandangan luar, maka pintu digunakan sebagai penghubung ruangan yang satu dengan yang lain.

Walaupun jendela dan pintu memiliki fungsi sendiri, bukan berarti Anda bisa asal-asalan dalam memilih jendela dan pintu rumah. Tidak ada salahnya jika Anda ingin rumah Anda memiliki jendela dan pintu yang cantik dan bergaya. Seperti pintu depan rumah Anda, misalnya.

Pintu depan berada di urutan paling pertama dari segi posisi di rumah Anda. Saat tamu berkunjung ke rumah Anda, pintu depanlah yang pertama menyambut mereka. Pintu depan biasanya terbuat dari kayu solid yang kuat. Karena letaknya yang menghubungkan bagian dalam dengan bagian luar rumah, termasuk pintu belakang, maka pintu-pintu tersebut selain cantik penampilannya, juga harus kuat dan bisa menjaga keamanan seisi rumah. Namun, pada zaman modern ini, pintu tidak selalu terbuat dari kayu yang solid. Terkadang pintu dibuat sekreatif mungkin dengan meletakkan panel kaca di tengahnya. “Bahkan untuk rumah-rumah baru, sekarang banyak yang menggunakan pintu dari bahan kaca seluruhnya,” ujar arsitek Irma Hakim.

Pintu-pintu tersebut memang sangat cantik, tetapi Anda juga harus mempertimbangkan sisi keamanan. Sudah amankah daerah rumah Anda jika memasangpintu yang sebagian atau seluruh materialnya terbuat dari kaca? “Jika ingin pintu kelihatan lebih menarik, mungkin Anda bisa mengganti kaca biasa dengan kaca dekoratif seperti stained glass. Stained glass yang warna-warni bisa membuat pintu depan jadi lebih menarik ketika dilihat,” sebut Irma.

Pintu dengan kaca dekoratif hadir dengan berbagai ukuran, bentuk, dan model. Untuk tampilan yang lebih kontemporer, Anda bisa memilih pintu kaca dengan pinggiran emas atau perak agar terlihat elegan. “Kacaakan membuat cahaya matahari masuk dan memberikan pendaran cahaya yang cantik pada ruangan,” ujar Irma.

Pintu sudah terlihat cantik, jangan sampai jendela rumah Anda terlihat biasa saja. Jendela juga harus merefleksikan gaya, karakter, dan pribadi Anda sehingga membuat Anda senang saat melihatnya. Bentuk jendela yang umum adalah persegi empat. Namun, jika ingin rumah memiliki gaya art deco, Anda bisa memasang jendela dengan bentuk bulat atau oval.

Pinggiran jendela yang biasa berwarna netral pun bisa Anda ganti dengan warna lain yang lebih mencolok seperti kuning atau merah. Asalkan masih masuk dengan warna interior dan eksterior rumah Anda.

Memilih desain jendela harus dilakukan secara matang karena jendela akan menghiasi rumah Anda selama bertahun-tahun. Ada banyak jenis jendela yang cocok untuk bagian depan rumah. Bagian depan rumah biasanya berhubungan dengan eksterior rumah sehingga jendela yang terpasang juga akan terlihat dari luar. “Ada banyak gaya jendela yang bisa mempercantik rumah jika dilihat dari luar,”


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: